KOARKTASIO AORTA

Koarktasio Aorta adalah salah satu penyakit yang termasuk dalam golongan penyakit jantung, Koarktasio Aorta terjadi karna penyempitan pembuluh darah besar yang berfungsi untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

JANTUNG – Akibat penyempitan aorta ini darah yang akan mengalir ke seluruh bagian tubuh menjadi terhambat, sehingga otot pada bagian kiri jantung harus bekerja keras untuk memompa darah keluar dari jantung. Jika dalam waktu lama tidak cepat ditangani maka mengakibatkan dinding jantung menebal dan otot jantung berangsur – angsur melemah yang memicu gagal jantung. Koarktasio Aorta biasanaya terjadi pada saat penderita dilahirkan, Sehingga disebut juga dengan penyakit jantung bawaan dari lahir. Penyempitan aorta ini dapat muncul bersamaan dengan gangguan jantung lainnya.

Gejala Koaktasio Aorta muncul seiringan dengan tingkat keparahan penyempitan aorta yang terjadi. Pada penderita penyempitan aorta ringan biasanya gejala biasanya muncul setelah penderita beranjak dewasa. Gejala tersebut berupa hipertensi atau tekanan darah tinggi, sakit kepala, otot lemah, mimisan, nyeri dada, napas pendek, dan lain – lain. Sedangkan pada kasus penderita penyempitan aorta berat biasanya gejala dapat muncul segera setelah bayi dilahirkan tepatnya pada beberapa bulan setelah kelahiran, biasanya ditemui gejala bayi tampak gelisah, sulit bernafas, mengeluarkan keringat yang banyak atau tidak wajar (berlebih), kesulitan menyusu, dan warna kulit terlihat pucat

Penyebab Koarktasio aorta adalah kelainan pada jantung yang belum bisa dipastikan, tetapi diduga terjadi mutasi gen pada kromosom. Selain itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko koarktasio aorta:

  • Memiliki kelainan jantung
  • Memiliki kondisi genetik tertentu
  • Faktor sang ibu (Paparan bahan tertentu pada lingkungan, makanan, minuman pada ibu hamil.)

Pengobatan yang segera perlu dilakukan setelah terdiagnosa penyakit Koarktasio Aorta dengan tujuan memperlebarkan pembuluh darah yang menyempit. Beberapa pengobatan tersebut yaitu:

  • Operasi
  • Angioplasti Balon

Pasca pengobatan juga diperlukan pemeriksaan secara teratur agar kondisi terpantau, pemindaian juga dapat dilakukan. Pasiaen juga harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan cara:

  • Menghindari resiko Endokartidis
  • Berolahraga secara teratur
  • Mempertimbangkan kehamilan secara cermat dengan berkonsultasi sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *