Maksud Kemoterapi

Maksud kemoterapi

Maksud kemoterapi ialah salah satu formalitas perawatan umum untuk kanker. Terapi ini mengandalkan keterampilan dari obat-obat khusus guna menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang tubuh. Selain itu, kemo juga bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bagaimanapun, pasien kanker butuh mempertimbangkan terapi dengan seksama sebelum mereka menjalani perbuatan tersebut. Ini sebab kemoterapi pun dapat membahayakan sel-sel sehat yang membagi diri dengan cepat, tidak melulu sel ganas. Termasuk sel yang menciptakan rambut guna dapat tumbuh serta sel-sel yang melapisi mulut dan usus. Hal itulah yang menyebabkan adanya efek samping ketika melakukan kemoterapi.

Maksud dan Tujuan Kemoterapi

Tujuan dilakukan kemoterapi adalah sebagai berikut.

  • Meringankan gejala kanker – kemoterapi digunakan untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul seperti rasa sakit dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan kerentanan terhadap infeksi
  • Menyembuhkan kanker – Kemoterapi bisa memusnahkan sel kanker secara total tanpa sisa sedikitpun. Prosedur ini dapat dikatakan berhasil bila kanker tidak kambuh kembali di kemudian hari dan mengganggu kesehatan pasien lagi.
  • Merawat kanker – Kemoterapi bisa menghambat pertumbuhan kanker agar tidak meluas dan merusak jaringan lainnya. Namun, jika fungsinya untuk merawat kanker, maka kemo harus dilakukan secara berkelanjutan agar sel kanker tidak kembali liar pasca penghentian pengobatan.

Maksud kemoterapi

Berbagai Manfaat Kemoterapi

Kemo pun dapat dipakai pada sekian banyak  tipe beda dari penyembuhan kanker, seperti misalkan pembedahan, terapi biologis, terapi radiasi. Berikut ialah peran eksklusif kemoterapi ketika dipakai pada opsi terapi kombinasi:

Kemoterapi Neo-ajuvan – Kemo dapat dipakai untuk mengecilkan suatu tumor sebelum dilaksanakan bedah pengangkatan.

Kemoterapi ajuvan – Hal ini berarti bahwa kemoterapi digunakan untuk menghancurkan sisa-sisa dari sel kanker pasca dilakukan operasi untuk mengangkat sel kanker atau penghancuran sel melalui radiasi. Tujuannya adalah agar tidak kambuh di kemudian hari.

 

Kemoterapi terdapat baik di rumah maupun di fasilitas kesehatan. Kemoterapi bisa juga dilaksanakan secara rawat jalan baik di kantor dokter atau di unit rawat jalan rumah sakit. Terlepas dari dimana kita menerima perawatan, prosesnya ialah sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *